Manfaat Dari Sinar Matahari

Manfaat Dari Sinar Matahari - Matahari adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang ada di Bumi. Sumber daya alam dari matahari ini yaitu sinar matahari itu sendiri. Sinar matahari selalu ada dan dapat kita rasakan selama dua belas jam lamanya dan tidak habis. Inilah yang disebut sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Mengapa sumber daya alam? Karena sinar matahari mempunyai banyak sekali manfaat bagi bumi dan juga untuk kehidupan makhluknya.

Manfaat dari Sinar Matahari

Sinar matahari atau cahaya matahari adalah salah satu dari beberapa unsur kehidupan. Tanpa adanya sinar matahari, kita tidak akan dapat hidup. Dapat dibayangkan apabila Bumi tanpa cahaya matahari akan seperti apa. Selain akan selalu gelap, bumi juga akan selalu dingin.

Dinginnya bumi akan membuat makhluk hidup tidak dapat tumbuh atau hidup (misalnya tanaman). Apabila tanaman tidak dapat hidup maka binatang dan manusia juga tidak akan dapat hidup. Selain sebagai penunjang kehidupan sebagai penghangat suhu Bumi, sinar matahari juga mempunyai manfaat lain. Manfaat sinar matahari antara lain sebagai berikut :

1. Sebagai salah salah satu syarat untuk fotosintesis

Sinar matahari mempunyai peranan yang sangat besar untuk kehidupan Bumi, salah satunya yaitu bagi produsen atau makhluk hidup yang membuat makanannya sendiri. Kedudukan utama produsen di Bumi ini dipegang oleh tumbuhan hijau. Tumbuhan hijau dikatakan sebagai produsen, karena dapat membuat makanannya sendiri.

Tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan proses fotosintesis, diantaranya yaitu adanya klorofil atau zat hijau daun, air, karbondioksida dan juga sinar matahari. Jika salah satu dari syarat tersebut tidak ada, maka tidak akan berlangsung proses fotosintesis tersebut. Jika proses fotosintesis tidak ada maka tidak akan ada awal rantai makanan di Bumi ini.

2. Sebagai penghangat suhu tubuh bagi manusia dan binatang

Sinar matahari juga berperan sebagai penghangat suhu pada Bumi, yaitu penghangat untuk manusia dan juga binatang. Selain itu sinar matahari juga sebagai penghangat udara di Bumi sehingga makhluk hidup dapat bertahan hidup dengan suhu yang hangat.

Jika tidak ada matahari mungkin air yang ada bumi akan berubah menjadi es dan suhu di Bumi akan sangat dingin sehingga kemungkinan manusia, binatang dan tumbuhan tidak akan bertahan hidup.

3. Sumber vitamin D alami

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi manusia. Kita semua tahu jika manusia membutuhkan vitamin sebagai penunjang kesehatan. Ternyata vitamin tidak selamanya dapat peroleh dari makanan yaitu buah dan sayur.

Ada salah satu vitamin yang dapat peroleh dari sinar matahari, yaitu vitamin D. Sinar matahari sumber adalah vitamin D yang dapat ditemukan pada saat pagi hari, ketika sinar matahari masih terlihat kekuning-kuningan, yaitu sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 WIB.

4. Membantu berbagai pekerjaan manusia

Sinar matahari merupakan salah satu hal yang dapat membantu pekerjaan manusia. Berbagai pekerjaan manusia yang dapat terbantu karena adanya sinar matahari, diantaranya yaitu dalam mengeringkan baju, mengeringkan hasil panen bagi para petani, mengeringkan ikan supaya lebih awet, dan lain sebagainya.

5. Sumber mata pencaharian

Selain membantu pekerjaan manusia, sinar matahari juga sangat berperan sebagai sumber mata pencaharian manusia. Sebagai salah satu contoh yaitu untuk para petani garam. Petani garam menggantungkan hidup mereka pada sinar matahari, karena mereka hanya dapat berproduksi saat sinar matahari sedang terik.

Saat sinar matahari sedang terik maka petani dapat membuat garam. Sebaliknya, jika sinar matahari sedang sulit seperti saat musim hujan, maka produksi garam petani akan terhambat. Saat produksi garam terhambat maka harga garam akan naik, dan dapat mengancam pengeluaran yang berlebih.

0 Response to "Manfaat Dari Sinar Matahari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel