Mengetahui Ciri Daging Ikan Tuna Segar

Ciri Daging Ikan Tuna Segar - Ikan tuna merupakan salah satu spesies ikan yang banyak dikonsumsi, dagingnya yang tebal tentu akan membuat orang tergoda untuk mencicipinya. Daging ikan tuna banyak dimasak dan digunakan untuk topping pada pizza atau roti.

Ciri Daging Ikan Tuna Segar

Selain itu daging ikan tuna juga banyak digunakan sebagai hidangan utama karena mudah diolah menjadi berbagai masakan khas. Daging ikan tuna juga banyak digunakan untuk membuat bakso.

Bila Anda memang rutin mengkonsumsi ikan tuna atau memang menjual olahan ikan tuna maka jangan ragu untuk membeli bahan baku ikan tuna yang masih segar. Anda tidak perlu ragu tidak dapat membedakan daging ikan tuna yang masih segar dan yang sudah rusak atau busuk, karena berikut adalah ciri daging ikan tuna segar yang harus Anda ketahui :

1. Kulit Lembab

Apabila Anda akan membeli ikan tuna baik di pasar tradisional, supermarket atau tempat pelelangan maka hindari membeli ikan tuna yang kulitnya sudah kering, hal ini karena ikan tuna dimungkinkan sudah tidak segar lagi.

Kulit yang masih segar dapat diketahui dengan mengukur kadar air pada kulit ikan tuna menggunakan alat pengukur kadar air khusus untuk daging ikan. Secara fisik kulit atau daging ikan tuna yang masih segar akan tampak kemerahan dan tekstur yang elastis waktu ditekan.

2. Aroma

Selain tingkat kelembaban kulitnya, ikan tuna segar akan mempunyai aroma khas laut karena memang ikan ini hidup di lautan. Hindari membeli ikan tuna yang sudah mempunyai aroma yang busuk atau berbau anyir.

3. Hindari Beli Potongan

Sebisa mungkin hindari membeli ikan tuna dalam bentuk potongan, memang ikan tuna dalam bentuk potongan akan lebih hemat terlebih lagi bila kita tidak membutuhkan dalam jumlah banyak. Namun ikan tuna dalam bentuk potongan rentan dipalsukan oleh oknum pedagang nakal yang dapat memberikan bahan kimia tambahan yang membuat daging ikan akan memiliki warna yang menarik dan segar.

4. Daging Kenyal dan Padat

Daging ikan tuna yang masih segar akan terasa kenyal dan padat, jadi bila ikan ditekan sudah terasa lembek maka dapat dipastikan kalau ikan tersebut sudah busuk.

5. Sedikit Lendir

Pada Kulit Wajar kalau ikan memiliki lendir pada kulitnya, tetapi kalau lendir itu cuma sedikit. jika lendir sudah banyak, sebaiknya urungkan niat untuk membeli ikan tersebut.

6. Insang Berwarna Merah

Insang yang berwarna merah disebabkan karena darah banyak menyerap oksigen dan insang merupakan organ dimana terjadi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Insang ikan tuna yang masih hidup akan melakukan proses difusi oksigen dan karbondioksida.

Kemudian setelah ikan mati maka insang tersebut akan berhenti berfungsi dan mulai menunjukkan warna yang pucat disebabkan karena berkurangnya darah. Jadi bila insang ikan masih berwarna merah maka ikan belum lama mati atau dapat dikatakan masih segar.

7. Mata Ikan Jernih, Bersih, Mengkilap & Kemerah - Merahan

Mata ikan yang masih segar dan ikan yang mulai busuk pastinya akan terlihat berbeda karena ikan yang masih segar mempunyai mata yang jernih, bersih, mengkilap serta kemerah - merahan. Berbeda dengan ikan yang sudah mulai membusuk maka akan tampak buram dan berwarna keputih - putihan.

1 Response to "Mengetahui Ciri Daging Ikan Tuna Segar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel