Cara Menjernihkan Air Sumur

Cara Menjernihkan Air Sumur - Air adalah salah satu unsur bumi yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Bagi manusia air ini tidak hanya dibutuhkan sebagai air minum saja namun juga digunakan untuk mandi, mencuci dan berbagai keperluan lainnya.

Cara Menjernihkan Air Sumur
Sumber : Air sumur bersih

Air sumur adalah salah satu sumber mata air yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan akan airnya. Namun pastilah kebutuhan akan air ini adalah air yang bersih. Sering kali air sumur yang telah kita buat ini agak keruh dan berwarna kekuning - kuningan.

Apabila sumur ini dibuat di lingkungan yang kurang sesuai maka air sumur yang dihasilkan juga akan memiliki kualitas yang buruk. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara membuat sumur yang baik :
  • Pastikan sumur yang digali memiliki kedalaman lebih dari 10 meter 
  • Pastikan pula jarak antara sumur dengan kamar mandi atau MCK ini paling tidak 10 meter, bila lebih maka akan lebih bagus. Hal ini bertujuan untuk menghindari limbah yang dihasilkan dari kamar mandi maupun MCK merembes ke sumur 
  • Bila Anda ingin membuat sumur maka jangan buat atau gali sumur pada lahan yang dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Meskipun sudah tidak digunakan sebagai tempat pembuangan sampah lagi namun bakteri dan kumannya akan tetap tertinggal pada lahan tersebut 
  • Disarankan menggali sumur pada tanah yang teksturnya agak berpasir, hal ini karena pasir merupakan penjernih alami bagi air 
  • Hindari menggali sumur di tanah bekas rawa, tapi pilihlah tanah yang memiliki berbagai tanaman penyerap air karena pasti di tempat tersebut banyak mengandung air

Baca Juga : Manfaat Antibiotik

Apabila sumur yang sudah Anda buat atau gali justru berwarna kekuning-kuningan dan agak keruh maka Anda dapat melakukan cara berikut untuk menjernihkan air sumur :

1. Tawas

Tawas ini merupakan batuan kecil yang berwarna putih bila dilihat sepintas maka akan terlihat mirip dengan gula batu. Namun perbedaannya adalah bila gula batu berwarna tidak terlalu putih maka tawas akan berwarna lebih putih. Untuk mendapatkan tawas ini Anda dapat membelinya langsung pada toko bangunan. Dan cara penggunaannya adalah sebagai berikut : 
  • Tumbuk tawas hingga halus
  • Kemudian masukkan tawas yang sudah halus ke dalam wadah dan campurkan dengan air lalu aduklah
  • Kemudian tuangkan larutan tawas ini ke dalam sumur, penggunaan tawas ini disesuaikan dengan volume air sumur

2. Ijuk

Mungkin Anda sudah tau dengan bahan yang satu ini, ya ijuk ini merupakan serat pohon yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat sapu. Ternyata ijuk ini dapat digunakan untuk menjernihkan air sumur, berikut cara menggunakan ijuk sebagai penjernih air sumur : 
  • Buat ijuk ini berbentuk lingkaran dengan diameter 1 meter
  • Buatlah hingga 5 buah kemudian ikat menjadi 1 dan tambahkan pemberat
  • Masukkan ke dalam sumur dan agar lebih masuk doronglah dengan bambu
  • Agar ijuk ini tetap tenggelam maka tindihlah dengan batu
Patut diketahui cara ini tidak menjernihkan air sumur secara instan, namun hasilnya akan dapat dilihat dalam beberapa hari kedepannya.

3. Arang Tempurung kelapa

Arang tempurung kelapa ini dapat digunakan untuk menjernihkan air sumur karena mengandung karbon aktif yang bersifat mengikat kotoran. Kandungan karbon aktif inilah yang akan menjernihkan air sumur, dan cara menggunakan arang tempurung kelapa ini adalah sebagai berikut :
  • Bungkus arang kepala menggunakan kain 
  • Masukkan ke dalam sumur 
Pastikan jumlah arang ini sesuai dengan kedalaman sumur Anda, pastikan tidak terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Anda dapat membeli arang ini pada toko-toko terdekat maupun di pasar-pasar tradisional.

0 Response to "Cara Menjernihkan Air Sumur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel