5 Manfaat Bawang Putih Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bawang Putih - Selain digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok sudah banyak menggunakan bawang putih untuk berbagai keperluan medis.

Manfaat Bawang Putih

Dengan mengkonsumsi bawang putih diyakini mampu menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, hingga memperbaiki sirkulasi darah dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Akan tetapi manfaat bawang putih untuk kesehatan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut karena belum dapat dibuktikan 100 persen manfaat tersebut. Walau begitu, manfaat bawang putih tersebut juga telah banyak dibuktikan dalam beberapa penelitian. Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih :

1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian membuktikan bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung sehingga bawang putih mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat bawang putih dalam menurunkan kolesterol dan efek pengencer darah akan membantu dalam melancarkan sirkulasi darah sehingga menyehatkan bagi jantung.

2. Baik Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Bawang putih juga baik untuk saluran cerna karena mengandung zat allicin yang berfungsi sebagai antibiotik juga anti jamur. Kandungan bahan tersebut diperoleh setelah menguji bawang putih menggunakan alat polarimeter, alat tersebut mampu menguji kandungan zat antibiotik di dalam suatu bahan. Dengan kandungan bahan tersebut membuat bawang putih dapat digunakan untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di lambung.

3. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian terbaru tengah meneliti manfaat bawang putih dalam melawan sel kanker, penelitian tersebut menunjukkan bahwa bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Karenanya bawang putih dapat digunakan sebagai bahan antikanker, sedangkan studi lainnya menemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi bawang putih akan memiliki resiko yang rendah untuk terkena kanker. Akan tetapi penelitian lebih mendalam masih diperlukan untuk dapat menjadikan bawang putih sebagai obat antikanker secara medis.

4. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Tekanan darah pada penderita hipertensi juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi bawang putih karena dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus. Meskipun dapat menurunkan kolesterol akan tetapi manfaat bawang putih untuk mengatasi hipertensi juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan lebih dalam.

5. Mencegah Flu / Pilek

Bawang putih juga dipercaya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus sehingga mereka yang rutin mengkonsumsi bawang putih akan lebih kecil resikonya terkena pilek dan batuk. Namun sama seperti manfaat sebelumnya, manfaat ini juga membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Beberapa manfaat tadi hanya bisa didapatkan bila mengkonsumsi bawang putih secara mentah, hal ini karena bila dimasak terlalu matang dapat menyebabkan kandungan pentingnya hilang. Apabila Anda akan menggunakan suplemen ekstrak bawang putih maka sebaiknya Anda mengkonsultasikannya lebih dahulu dengan dokter.

0 Response to "5 Manfaat Bawang Putih Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel