Pengaruh angin terhadap gelombang

Pengaruh angin terhadap gelombang - Ombak air laut yang terjadi pada permukaan air laut sangatlah dipengaruhi dari tingkat tinggi rendahnya angin. Hal ini akan berpengaruh terhadap besar kecilnya ombak yang di pantai ataupun di tengah pantai.

Pengaruh angin terhadap gelombang
Sumber : Alat Pengukur Kecepatan Angin
Sementara itu semakin besar angin atau semakin cepat angin juga semakin besar ombak yang dihasilkan, apalagi kalau kecepatan angin tidak mempunyai rintangan terhadap ombak yang dibawa. Sebagai contoh adalah pada pantai di daerah - daerah samudra lebih besar ombaknya dari pada di daerah teluk ataupun pantai - pantai pada selat pulau.

Rintangan disini maksudnya adalah kecepatan angin yang terhalang oleh suatu benda ataupun tempat yang berpengaruh terhadap kecepatan angin yang bisa mengurangi kecepatan angina tersebut.

Pengaruh angin terhadap gelombang

Rintangan dan waktu juga mempengaruhi sebuah ombak besar ataupun kecilnya. Ombak yang datang ke pantai contohnya adalah ombak yang dipengaruhi waktu. Ombak waktu malam hari dengan siang hari juga berbeda yang dipengaruhi angin darat dan angin laut, angin darat datangnya waktu malam hari sementara itu angin laut datangnya siang hari

Massa air permukaan laut selalu dalam keadaan bergerak, gerakan ini terutama ditimbulkan oleh kekuatan angin yang bertiup melintasi permukaan air dan menghasilkan energi gelombang dan arus. Bentuk gelombang yang dihasilkan cenderung tidak menentu dan tergantung pada beberapa sifat gelombang.

Salah satu terjadinya gelombang di laut diakibatkan oleh angin. Pembangkit utama gelombang ini adalah angin yang bertiup di atas permukaan laut. Bentuk gelombang yang dihasilkan cenderung tidak menentu dan bergantung pada beberapa sifat gelombang periode dan tinggi dimana gelombang dibentuk.

Faktor - faktor seperti kecepatan angin, waktu dimana angin bertiup serta jarak dimana angin bertiup tanpa rintangan akan mempengaruhi tinggi gelombang yang terbentuk. Jadi apabila angin yang bertiup semakin kencang maka semakin besar gelombang yang terbentuk dan pergerakan gelombang mempunyai kecepatan yang tinggi sesuai dengan panjang gelombang yang besar.

Gelombang yang terbentuk dengan cara ini umumnya mempunyai puncak yang kurang curam jika dibandingkan dengan tipe gelombang yang dibangkitkan dengan angin yang berkecepatan kecil atau lemah. Ketika angin sudah mulai bertiup maka tinggi gelombang, kecepatan, panjang gelombang semuanya akan berkembang dan meningkat sesuai dengan meningkatnya waktu peniupan yang sedang terjadi.

0 Response to "Pengaruh angin terhadap gelombang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel