Proses Pengolahan Biji Coklat

Proses Pengolahan Biji Coklat - Proses pengolahan biji kakao menjadi coklat merupakan proses yang lama dan panjang yang mungkin belum Anda ketahui. Kebanyakan petani hanya melakukan pengolahan biji kakao sampai mengeringkan untuk mengurangi kadar air biji kakao, untuk proses selanjutnya akan diserahkan ke pabrik untuk diolah menjadi coklat.

Sumber : Alat Ukur Kelembaban Bijian
Hal ini karena proses pengolahan biji kakao hingga menjadi coklat membutuhkan mesin canggih dan proses panjang hingga siap dikonsumsi. Namun ada juga teknik pengolahan secara sederhana dan manual yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, akan tetapi hasilnya tentu jangan disamakan dengan coklat yang biasa ada di toko - toko.

Secara umum proses pengolahan biji kakao adalah sebagai berikut :

Langkah pertama, pertama - tama tentu Anda harus menyiapkan biji kakao lebih dahulu yang dapat Anda beli di toko maupun kepada petani langsung bila Anda tahu. Pastikan biji kakao yang Anda beli sudah difermentasi dan sudah siap diolah.

Langkah kedua, biji kakao tersebut kemudian harus disangrai atau diroasting. Bila di pabrik atau perusahaan coklat biji kakao ini akan disangrai menggunakan mesin canggih, Anda di rumah dapat menyangrainya menggunakan oven atau wajan di atas tungku api yang terbuat dari tanah liat. Apabila Anda memakai oven maka letakkan biji kakao di atas nampan kemudian panggang biji kakao tersebut selama 30 menit, namun bila Anda menggunakan wajan maka biji kakao tinggal dimasukkan ke wajan yang sudah panas untuk disangrai selama 15 - 30 menit.

Langkah ketiga biji kakao yang sudah disangrai kemudian dipisahkan dari kulit luarnya karena bagian yang dibutuhkan untuk membuat coklat hanya bagian dalamnya atau kotiledon saja. Bagian ini biasanya dilapisi kulit tipis. Anda bisa menumbuk biji kakao secara pelan untuk melepaskan kulitnya kemudian gunakan kipas angin agar kulit luarnya terhempas yang disebut desheller pada pabrik pembuat coklat.

Langkah keempat adalah mencampur dan menggiling biji kakao dengan bahan lain, Proses ini sebaiknya dilakukan menggunakan mesin karena bila dilakukan menggunakan blender atau mixer akan membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam. Setelah biji kakao mulai meleleh barulah dilakukan proses pencampuran, sembari melakukan mixing atau pengadukan. Bahan campuran ini adalah seperti gula dan susu atau bahan lain yang Anda inginkan sebagai penambah rasa.

Langkah kelima adalah kondisioning yaitu proses pemanasan adonan menggunakan microwave atau oven. Adonan dimasukkan ke dalam loyang kemudian atur waktu hingga 12 menit dengan suhu 33 - 48 derajat celcius dengan tujuan untuk meluruhkan kristal lemak pada coklat hingga adonan mencari.

Langkah keenam adalah pencetakan dimana adonan coklat yang sudah siap akan ditiriskan sejenak untuk menurunkan suhunya kemudian akan dimasukkan ke dalam cetakan. Setelah itu coklat dalam cetakan ini dapat dimasukkan ke dalam kulkas dengan suhu 16 - 20 derajat agar adonan coklat beku selama 30 menit.

0 Response to "Proses Pengolahan Biji Coklat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel