Jenis Mutu Beton

Jenis Mutu Beton - Beton merupakan bagian penting dari bangunan yang dibuat dengan campuran bahan seperti air, semen, pasir dan kerikil. Material tersebut kemudian diaduk secara merata dan setelah kering akan mengeras seperti batu.

alat ukur ketebalan lapisan
Sumber : alat ukur ketebalan lapisan

Beton ini banyak digunakan dalam keperluan pengerasan jalan, struktur bangunan, pondasi, jalan, hingga bangunan bertingkat. Beton sendiri juga dapat dibuat secara manual maupun menggunakan mesin, sedangkan untuk mutu atau kualitasnya juga dikenal ada dua jenis, yaitu mutu normal dan tinggi.

Lantas apa perbedaan dari 2 jenis mutu beton tersebut? Beton mutu normal Beton yang dibuat secara sederhana entah itu dibuat dengan cara manual maupun mesin pengaduk (molen) yang umum dilakukan oleh para tukang bangunan.

Sebagai contohnya adalah beton yang dibuat untuk perumahan baik 1 lantai atau 2 lantai dengan perbandingan campuran 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil. Akan tetapi juga harus diperhatikan agar ukuran pasir antara 0 - 4 mm dan kerikil > 4 - 32 mm. Apabila ukuran kerikil yang digunakan masih terlalu kasar, maka takaran bisa disesuaikan menjadi 1 semen : 2½ pasir : 2½ kerikil atau dapat juga sebaliknya yaitu 1 semen : 3 pasir : 2 kerikil.

Beton mutu tinggi Beton mutu tinggi adalah jenis beton yang dibuat berdasarkan perencanaan dan dikerjakan dengan teknologi serta peralatan modern. Hal ini akan menghasilkan mutu beton dengan kuat tekan tinggi serta mudah dalam proses pengecoran.

Untuk jenis beton mutu tinggi biasanya selain material yang umum juga akan ditambahkan material admixture dan additive seperti superplasticizer (menambah workability / kelecakan), silica fume (menambah kekuatan dan keawetan), bahan retarder (menunda setting time / waktu pengikatan) dan sebagainya. Beton mutu tinggi adalah beton yang banyak digunakan dalam pembangunan gedung bertingkat tinggi, dermaga, landasan lapangan terbang hingga jembatan.

Jenis beton ini biasanya dibuat oleh perusahaan ready mix karena memerlukan perencanaan khusus dan detail yang melibatkan tenaga ahli. Kualitas beton mutu tinggi dapat Anda uji sendiri menggunakan alat ukur kekerasan / Hardness Tester. Jenis beton ini akan mempunyai nilai kekerasan yang lebih baik dari beton mutu normal.

0 Response to "Jenis Mutu Beton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel