Pengujian Gempa Bumi pada Struktur Bangunan

Pengujian Gempa Bumi pada Struktur Bangunan - Bencana alam merupakan faktor alam yang tidak dapat dicegah ataupun dihindari yang dapat menimpa siapa saja baik kepada manusia dan juga hewan. Bangunan akan dengan mudahnya runtuh ketika terjadi bencana alam. bencana memang tidak dapat dihindari, namun sekarang ini para insinyur muda berlomba - lomba untuk membangun suatu bangunan yang tahan terhadap bencana alam seperti gempa bumi.

Menggunakan alat simulasi pengujian gempa akan mempermudah proses pembangunan untuk bisa menahan gaya getaran gempa yang terjadi secara tiba - tiba. Sebelum pembangunan dimulai, para arsitek akan membuat maket atau replika bangunan untuk dilakukan pengujian kekuatan dan kelenturan pada strukturnya.

Alat Pengujian Gempa Bumi

Maket gedung diletakkan di atas alat pengujian, kemudian alat tersebut akan bergetar untuk mensimulasikan getaran gelombang gempa. Pengujian dilakukan dari getaran yang kecil hingga getaran yang besar. Biasanya bangunan akan runtuh jika maket tidak dilengkapi dengan FVD (fluid viscous damper). FVD adalah alat berbentuk pegas yang berguna untuk meredam getaran yang terjadi di kolom bangunan sehingga getaran yang diterima pada balok akan menjadi kecil.

Pengujian Gempa Bumi pada Struktur Bangunan

gambar diatas merupakan simulasi pada gedung jika tidak menggunakan alat FVD, gedung akan mengikuti alur getaran dan akan rubuh, FVD dipasang antara balok dan kolom gedung bangunan.

Pengujian Gempa Bumi pada Struktur Bangunan

Alat diatas bernama BoxShake Table yang digunakan untuk melakukan simulasi gempa pada maket. Setelah dilakukan pengujian secara terus menerus untuk mendapatkan hasil maksimal, akan mendapatkan data yang bisa dihitung untuk menjadi acuan untuk proses pembangunan gedung yang lebih berkualitas. Dengan adanya alat pengujian simulasi gempa dapat diharapkan pembangunan akan menjadi aman ketika berada pada wilayah yang rawan gempa.

Indonesia merupakan daerah yang paling sering terjadi gempa bumi, sudah seharusnya para kontraktor muda membangun dengan teknik dan didukung alat pengujian yang memadai agar bangunan tetap berdiri dengan kokoh dan tidak terjadi korban jiwa.

Selain dilakukan pada bangunan, pengujian gempa bumi juga umumnya dilakukan pada jalan khususnya jelan beton. Dalam pembuatan jalan beton dan pembuatan jembatan juga akan dilakukan pengujian ketahanan terhadap gempa bumi. Pengujian yang dilakukan juga secara umum hampir sama dengan pengujian ketahanan gempa bumi pada bangunan.

0 Response to "Pengujian Gempa Bumi pada Struktur Bangunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel